Bogor

GOR Pajajaran

1.Ketupat Sayur Mang Apen

Ketupat sayur mang Apen ini buka dari pagi hari sampai sehabisnya, biasanya setelah makan siang sudah habis. Dia jualan di gerobak saja, namun yang beli lumayan banyak, apalagi kalau jam makan siang, bisa tidak dapat tempat duduk dibangku panjang sepanjang 6m. Isinya seperti biasa hanya ketupat yang besar² sebanyak 1 1/2 buah per-piring, lalu disiram dengan sayur labu siam, pepaya muda dengan kuah santan yang cukup kental dan telor rebus yang dipotong² lalu disiram bumbu kacang dan kerupuk kampung dan terakhir disiram lagi dengan bumbu kacang. Semua bahan dia olah sendiri mulai dari ketupat, sayur, kerupuk juga dia goreng sendiri sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebersihannya. Harganya per-porsi mungkin sudah tidak terbayangkan di Jakarta masih ada, yaitu hanya Rp 3.000,00 dengan porsi yang cukup mengenyangkan bagi laki² apalagi buat perempuan.

2.Warung nasi Sunda Kolam Renang.

Lokasinya diujung diluar lokasi kolam renang Milakencana GOR Pajajaran, yang jual ibu² dengan anak perempuannya. Lauk masakan yang dijualnya standard saja malah medekati sederhanya, yaitu hanya tumis kangkung, telur dadar, sayur oncom tempe goreng, rendang, Ikan Mas Goreng, sop kadang² ada soto. Mungkin memang hanya standard saja, namun rasanya mengingatkan kita pada rasa masakan nenek kita djaman doeloe. Harganya juga murmer bgt, makan kenyang dan puas tidak lebih dari Rp 10.000,00

3.Karedok/Gado² lapangan basket GOR

Lokasinya di luar lapangan GOR sejajar dengan Jl. A. Yani. Yang jualan ibu². Dia jualan Karedok dan Gado². Porsinya kalau yang makan perempuan bisa untuk 2-3 orang dengan harga tidak lebih dari Rp 10.000,00 dengan rasanya yang cukup enak karena diberi asem jawa dan jeruk nipis.

Perumahan Tanah Sareal

1.Warung nasi Sunda Pompa bensin Jl Dadali.

Lokasinya pas di Jl Dadali 1 (sebelah pompa bensin). Yang jual sudah aki² n nini², jenis masakannya juga mirip dengan warung nasi sunda dimana², hanya saja memakai sistem self service dan porsi gajah. Ikan Mas/Nila untuk satu orang yang besarnya dua telapak tangan dipanjangkan. Paru Goreng dan empal goreng lebih besar dari telapak tangan, tahu goreng yang lebih besar dari Tahu Yun Yie, begitu juga dgn Tempe gorengnya yang sebesar telapak tangan. Sayur juga ambil sendiri. Rasanya karena yang memasak nini², tahu sendiri khan, memakai resep tradisionil, jadi masih memakai bumbu² asli. Harganya cukup sesuai dengan porsinya, yaitu antara Rp 10.000,00 s/d Rp 30.000,00 per-orang tergantung dari apa yang dimakan.

2.Nasi Timbel Jl. Bango.

Lokasinya di Hoek Jl. Bango. Yang dijual mirip dengan ditempat yang lain, hanya saja di jual di halaman dan teras rumah pemiliknya dengan tempat yang cukup Chozie untuk makan berlama² disitu. Harganya satu porsi cukup murah hanya sekitar Rp 8.000,00.

Air Mancur

1.Mie Ayam Bakso Herman. 

Letaknya bersatu dengan RM Padang Puti Baru, Jl. Sudirman. Harganya cukup murah sesuai dengan porsinya, yaitu hanya Rp 7.000,00 / porsi. Porsi termasuk lumayan, kalau untuk perempuan, ibu² di kantor saya biasanya 1 porsi untuk berdua. Buka dari jam makan siang sampai habis (biasanya jam 19.00 sudah habis). Rasanya mirip² dgn Mie Ayam Bakso Mas Min Jl. Panarukan, Jkt atau Mie Ayam Bakso Gereja Batak HKBP Jl HOS Cokroaminoto, Jkt.

2.Bandrek Susu Air Mancur.

Lokasinya bersebelahan dengan RM Padang Puti Baru, mengambil tempat emperan toko yang hanya buka sampai +/- jam 19.00. Buka mulai dari sesudah magrib sampai tengah malam. Suasana warungnya tradisional, yaitu minum Bandrek susu panas manis diudara malam Bogor yang dingin apalagi setelah hujan sambil makan cemilan tradisional seperti Uli panggang, aneka gorengan dll dan ngobrol dengan pemiliknya yang sangat ramah dan kekeluargaan. Dilokasi tersebut kita juga bisa pesan sate kambing, jamu komplit, bubur ayam dll dari pedagang sekeliling. Harga cukup murah, setelah kita minum bandrek susu dan makan aneka gorengan paling banter hanya menghabiskan Rp 10.000,00.

3.Warung Tenda Jawa Timuran.

Lokasi dihalaman rumah tua sebelahnya Hartz Chicken Buffett. Disitu sedia Rujak Cingur, Rujak Petis, Tahu Telor, Nasi Rawon dll dengan harga yang sangat menantang, average paling banter kita hanya bayar Rp 15.000 per/orang bahkan kurang dari itu karena Rujak Cingur, Rujak Petis, Tahu Telor-nya bisa kita makan beramai².Sejak saya menemukan warung ini (pas itu baru seminggu buka) saya langsung jatuh cinta dgn keotentikan rasa tahu campur dan rawonnya.

Padahal biasanya lidah saya yg masih sangat Suroboyoan ini paling rewel kalo sudah sampai urusan urusan rawon, soto, dan masakan Jawa Timuran lainnya. Baru beberapa hari yg lalu saya makan di sana lagi dan tetap OK. Telor asin utk teman rawonnya juga yahud. Yang gak tahan adalah lalatnya yang makin lama kok rasanya makin banyak. Tapi ya gimana lagi? Makan tahu campur take away kan gak enak….

Warung ini sebenarnya sudah lama berdirinya cuma pindah² tempatnya, dulu pertama kali berdiri sekitar tahun 1995-1996, dia jualan di halamannya Restoran Lautan, kemudian pindah kehalaman Apotik Nusantara di Jl. Sudirman juga berlokasi di tempatnya yang sekarang dipakai oleh Sea Food dan Chineese Food (seberangnya Mr Celups n Mr Keraks), kemudian saya kehilangan jejak, setelah itu beberapa bulan yang lalu saya lihat dia buka lagi di ujung Jl. A. Yani tsb (cmiiw)

Sebenarnya buanyak sekali tempat makan yang enak di Bogor dengan harga yang tidak kepikiran oleh orang Jakarta (dalam arti kata luar biasa murahnya), namun kebanyakan hanya buka siang hari. Contohnya: Soto Mie bihun dengan isi risoles, kentang, tomat, daging n jeroan dengan nasi dan minum air teh hangat sepuasnya (air tehnya aja lho yang sepuasnya) ada yang ngasih harga cuma Rp5.000,00.

Kalau boleh menambahkan, patut dicoba makanan “sekolahan” di gang selot (samping SMPN 1 bogor). yang enak itu baksonya dan es dogernya. favorit jaman sekolahan dulu. karena jajanan sekolahan, harganya pun terjangkau lah u/ orang kantoran.kalau asinan, saya lebih suka asinan yang dijual di samping restoran bogor permai. sebelahan dengan es podeng dan siomay yang juga enak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s